Anny Divya

AVIATREN.com – Di umur 30 tahun, pilot wanita Anny Divya asal India dinobatkan sebagai kapten B777 perempuan termuda di dunia. Anny Diva kini menjadi pilot untuk maskapai Air india.

Kepada Business Insider, Anny Divya mengatakan, “sejak kecil saya selalu ingin jadi pilot. walau tidak banyak yang memberitahu bagaimana caranya,” ujar Anny Divya, seperti dikutip AVIATREN, Sabtu (29/7/2017).

Anny Divya yang berasal dari kota Vijayawanda, Andhra Pradesh itu mengaku, teman-teman sekelasnya banyak yang memilih untuk menjadi insinyur atau dokter, sesuai dengan saran orangtua mereka.

Namun Divya ingin jalan yang berbeda. Divya mengaku, tak mudah untuk menjadi pilot di India, terlebih dirinya adalah seorang perempuan. Meski demikian, kedua orangtua Divya selalu mendukungnya.

https://www.instagram.com/p/BXBJruNFyNm/

“Banyak orang yang melarang orangtua saya agar tidak menyekolahkan saya ke sekolah penerbangan,” ceritanya.

“Biayanya juga tidak murah, namun kedua orangtua saya pada akhirnya bisa membiayai saya,” imbuh Divya.

BACA JUGA: Ida Fiqriah, Kapten Pilot Perempuan Pertama Garuda Indonesia

Sebelum menjadi kapten B777, Anny Divya sebenarnya mendapat kesempatan untuk menjadi kapten pesawat B737, tipe yang lebih kecil (single aisle). Namu Anny DIva memutuskan untuk menunggu lebih lama lagi agar bisa menerbangkan jet yang lebih besar, yakni B777.

Anny Divya kemudian mendaftarkan diri di sekolah penerbangan Indira Gandhi Rashtriya Uran Akademi, saat umur 17 tahun.  Ia kemudian menyelesaikan training sebagai pilot pada umur 19 tahun.

 

Boeing 777

Divya kemudian mendapat pekerjaan sebagai pilot di Air India pada 2006. Pada mulanya, Divya terbang dengan pesawat B737. Ia berkesempatan untuk menjadi kapten di pesawat single aisle tersebut.

Namun Divya menginginkan lebih. Ia bersedia menunggu lebih lama agar bisa menjadi kapten B777. Ia pun melanjutkan trainingnya di pesawat widebody tersebut.

“Saya punya pilihan menjadi kapten B737, namun menjadi kapten B777 adalah keinginan saya sejak awal, jadi saya rela menunggu lebih lama,” kata Divya.

https://www.youtube.com/watch?v=RskbusYY254

Kini, dengan B777, Divya menerbangi rute New York, Chicago, dan San Francisco dengan armada B777 Air India.

Setelah bekerja di Air India, Divya melanjutkan sekolah dan mendapat gelar BSc Aviation. Ia juga turut membantu keluarganya dengan membiayai kedua adik laki-laki dna perempuannya belajar ke luar negeri, san membelikan rumah bagi orangtuanya.

“Semua wanita harus mengejar cita-citanya, penting terutama untuk zaman sekarang,” pungkas Divya.