Foto diduga kalajengking di kabin pesawat Lion Air.

AVIATREN.com – Lion Air memberikan klarifikasi terkait penerbangan JT-293 rute Pekanbaru, Riau (PKU) menuju Tangerang, Banten (CGK) pada Kamis (14/2/2019) lalu.

Dalam rute penerbangan tersebut, dilaporkan oleh salah satu penumpang adanya satu binatang berjenis kalajengking di bagasi kabin (head rack) sesaat setelah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Atas hal ini masih dilakukan penyelidikan intens dan lebih lanjut.

Dari hasil pengamatan menurut video ataupun gambar yang berkembang, Lion Air menyebut binatang dimaksud menyerupai seekor laba-laba.

Berdasarkan data catatan perawatan terjadwal pesawat registrasi PK-LPK, Lion Air sudah melaksanakan pengendalian hama dan binatang berupa fumigasi pada 19 Oktober 2018 dan pest control pada 6 Februari 2019.

Petugas layanan darat (ground handling) dan teknisi segera menjalankan penanganan mendalam serta menyeluruh pada pesawat setelah penumpang maupun kargo selesai diturunkan, namun tidak ditemukan binatang tersebut.

Dalam upaya memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, hari ini pesawat menjalani penanganan tepat sasaran guna membasmi serangan binatang secara efektif serta mencegah terjadinya potensi lain yang dibawa oleh binatang.

Lion Air telah meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Lion Air lainnya tidak terganggu.

Penerbangan Lion Air JT-293 pada Kamis (14/ 02/2019) dipersiapkan secara baik. Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LPK sebelum dioperasikan sudah dilaksanakan pengecekan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight).