Ilustrasi kabin kelas Ekonomi

AVIATREN.com – Menteri Perhubungan Budi Karya mengumpulkan seluruh Direktur Utama maskapai-maskapai di Inodnesia, membahas soal kenaikan harga tiket pesawat pada hari ini, Minggu (13/1/2019).

Dalam kesempatan itu, Menhub Budi Karya mengatakan penertiban harga tiket pesawat akan diselesaikan dalam dua hari ini. 

“Saya sudah koordinasi dengan Kementerian BUMN, saya sudah koordinasi dengan pemilik Lion untuk menertibkan tarif-tarif itu. Bahwa memang dalam regulasi batasan dari tarif itu adalah tarif batas atas. Mereka ini memang belum mencapai tarif batas atas itu ya,” kata Budi Karya seperti dikutip AVIATREn dari Kumparan.

“Saya meminta mereka itu melakukan kenaikan secara bijaksana, lebih wise. Kita akan tertibkan dalam waktu satu atau dua hariini,” lanjut Budi Karya. 

Baca Juga: Maskapai-maskapai Indonesia Sepakat Turunkan Harga Tiket Pesawat di Sejumlah Rute Domestik

Sebelumnya, Budi Karya menjelaskan selama ini terjadi persaingan yang tidak sehat antar maskapai, yaitu perang harga. 

Menurut Budi, kini perang tersebut mulai reda dan harga kembali ke level normal. Imbasnya, masyarakat seolah-olah merasakan harga tiket jadi melambung tinggi.

Naiknya harga tiket pesawat ini sudah ramai dikeluhkan pengguna jasa penerbangan di Indonesia. Mereka mengeluh tarif domestik jadi lebih mahal atau setara tarif harga tiket internasional.

Salah satu faktor pemicu adalah biaya bagasi tambahan, yang sebelumnya gratis sekarang dihapus, penumpang pun harus membelinya secara terpisah.

Tiga maskapai LCC Indonesia, Lion Air, Wings Air, dan Citilink sudah menerbitkan surat pemberitahuan ke travel agent bahwa biaya bagasi gratis akan dihapus. Namun hingga kini kebijakan itu belum juga dilaksanakan, karena menuai kontroversi.