AirlineRatings Umumkan Daftar Maskapai Paling Aman Dunia 2018 - Aviatren

AirlineRatings Umumkan Daftar Maskapai Paling Aman Dunia 2018

January 4, 2019

Qantas A380


AVIATREN.com – Maskapai flag carrier Qantas terpilih sebagai maskapai paling aman di dunia, oleh situs AirlineRatings.com. Prestasi ini merupakan yang kelima kalinya yang diraih oleh Qantas.

Menurut survey yang dilakukan AirlineRatings.com, Qantas berada di urutan pertama karena unggul dalam hal inovasi soal keselamatan.

Qantas memang telah mengembangkan sejumlah solusi keselamatan baru, seperti Future Air Navigation System dan Flight Data Recorder yang dipakai untuk memonitor performa kru dan pesawat.

Qantas juga diketahui menggunakan satelit komunikasi untuk memonitor mesin pesawat di seluruh armadanya secara real-time. Ini juga membantu maskapai mendeteksi kerusakan sebelum timbul masalah yang lebih besar lagi.

Selain Qantas, 20 maskapai lain yang termasuk dalam daftar maskapai paling aman di dunia adalah: Air New Zealand, Alaska Airlines, All Nippon Airways, American Airlines, Austrian Airlines, British Airways, Cathay Pacific Airways, Emirates, EVA Air, Finnair, Hawaiian Airlines, KLM, Lufthansa, Qantas, Qatar Airways, Scandinavian Airline System, Singapore Airlines, Swiss, United Airlines, dan Virgin group of airlines (Atlantic and Australia).

Maskapai Jepang, JAL tidak termasuk dalam daftar ini, sebab beberapa waktu lalu terdapat kasus pilot JAL yang ketahuan mabuk sebelum terbang.

Sementara maskapai Timur Tengah, Etihad juga tidak termasuk dalam daftar karena alasan maskapai tidak mendapat profit.

AirlineRatings juga membuat daftar 10 maskapai LCC paling aman di dunia, mereka adalah Flybe, Frontier, HK Express, Jetblue, Jetstar Australia / Asia, Thomas Cook, Volaris, Vueling, Westjet and Wizz.

Facebook Comments