Sriwijaya Air dan NAM Air

AVIATREN.com – PT Garuda Indonesia Tbk lewat anak usahanya, Citilink telah mengumumkan pengambilalihan operasional dan finansial Sriwijaya Air Group, termasuk maskapai Sriwijaya Air dan NAM Air. Pengambilalihan tersebut diwujudkan dalam bentuk Kerja Sama Operasi (KSO).

Namun, dalam keterangan tertulis pihak Garuda, KSO tersebut bisa ditingkatkan levelnya menjadi pengambilalihan saham, alias akuisisi perusahaan.

“Adapun kerja sama ini dapat ditingkatkan ke level kepemilikan saham Sriwijaya Group yang akan di atur kemudian,” demikian bunyi siaran pers dari Garuda Indonesia, Rabu (14/11/2018).

Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara, mengatakan kerja sama operasi ini ditujukan untuk membantu Sriwijaya Air Group memperbaiki kinerja operasi dan keuangan. 

Sementara Direktur Utama Sriwijaya Air, Chandra Lie mengakui bahwa langkah ini diharapkan dapat membantu pemulihan perseroan. 

“Kami berharap dengan KSO yang akan dikelola oleh Citilink ini dapat membantu pemulihan Sriwijaya Air Group ditengah persaingan industri penerbangan yang semakin kompetitif. Kami yakin Garuda Indonesia Group mempunyai kapabilitas yang sangat baik dalam mengelola bisnis Airline,” ujar Lie.