PK-LQP

AVIATREN.com – Boeing selaku pabrikan pembuat pesawat B737 MAX 8, bakal mengirimkan bantuan teknis untuk penyelidikan jatuhnya pesawat Lion Air penerbangan JT610.

Dalam situs resmi Boeing, pabrikan pesawat AS itu akan akan menyediakan bantuan teknis, jika diminta oleh pemerintah Indonesia, yang menginvestigasi kecelakaan Lion Air JT610, atau dalam hal ini adalah KNKT.

Selain itu, sesuai dengan protokol internasional, semua pertanyaan terkait investigasi kecelakaan, menurut Boeing hanya bisa diarahkan ke otoritas yang menginvestigasi, dalam hal ini adalah Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Seperti diketahui, B737 MAX 8 Lion Air registrasi PK-LQP dengan nomor penerbangan JT610 dinyatakan hilang kontak dan jatuh di perairan Tanjung Karawang, pada Senin (29/10/2018) lalu.

Pesawat tersebut mengangakut 181 penumpang, dengan rincian 178 penumpang dewasa, 1 penumpang anak-anak, dan 2 penumpang bayi,  termasuk dalam penerbangan ini ada tiga pramugari sedang pelatihan dan satu teknisi.

Pesawat dengan regitrasi PK-LQP jenis Boieng 737 MAX 8. Pesawat ini buatan 2018 dan baru dioperasikan oleh Lion Air sejak 15 Agustus 2018 . Pesawat dinyatakan laik operasi.