Japan Ailines (Reuters)

AVIATREN.com – Pasar penerbangan jarak menengah-jauh berbiaya rendah (LCC) bakal kedatangan pemain baru. Maskapai Jepang, Japan Airlines (JAL) berencana membuat maskapai baru yang masuk dalam segmen ini, dan menyasar pasar Asia.

Dengan demikian, maskapai baru bentukan JAL itu nantinya akan bersaing dengan AirAsia X yang lebih dulu bermain di segmen ini.

Maskapai beru itu dikabarkan Reuters dan dikutip AVIATREN, Rabu (15/8/2018), akan berbasis di Narita International Airport dan menawarkan penerbangan ke Asia, Eropa, dan Amerika.

JAL belum memberikan nama untuk maskapai barunya itu, namun JAL mengatakan maskapainya akan mulai beroperasi pada musim panas 2020 mendatang.

Maskapai LCC baru JAL akan menggunakan pesawat widebody Boeing B787. Maskapai LCC lain yang juga memakai pesawat ini adalah Scoot yang merupakan anak usaha Singapore Airlines.

Untuk merealisasikan maskapai LCC jarak menengah-jauh baru itu, JAL dikatakan berinvestasi 10 miliar hingga 20 miliar yen (91,44 juta dollar AS hingga 182,88 juta dollar AS).

JAL menargetkan bisa mulai mendaat untung dari maskapai baru itu, tiga tahun setelah diluncurkan.