ATR72-600 TransNusa

AVIATREN.com - Maskapai TransNusa berencana menambah tiga pesawat turboprop ATR 72 di armadanya, untuk melayani rute regional. Adapun tipe pesawat ATR yang dipilih adalah ATR72-600, dan statusnya adalah sewaan (leased).

Tiga pesawat ATR72-600 yang akan didatangkan TransNusa akan melengkapi empat pesawat ATR sebelumnya (seri 42/72) yang telah dioperasikan sebelumnya, sehingga total terdapat tujuh pesawat ATR72 yang dioperasikan TransNusa.

“Pesawat terbang ATR telah terbukti dikenal dan disukai oleh penumpang,” kata Bayu Sutanto, Managing Director Transnusa dalam keterangan tertulis yang diterima AVIATREN, Rabu (1/8/2018).

Dengan tambahan tiga pesawat ATR72, TransNusa berencana meningkatkan jaringan rute domestiknya menjadi 30 tujuan. Beberapa rute baru tersebut berada di Kalimantan.  

Sementara itu, ATR Sales Director, Lim Kian Hui mengklaim bahwa pesawat ATR mempunyai biaya operasi yang terendah dan kinerja luar biasa di landas pacu yang pendek. Pesawat turboprop ATR ini sangat cocok untuk Indonesia yang terdiri atas banyak pulau dan bandara-bandara yang pendek landas pacunya.

“TransNusa sangat sukses mengambil kelebihan-kelebihan pesawat ini untuk mengembangkan rute-rute penerbangannya,” kata Lim Khian Hui.

Meski demikian, baik TransNusa maupun ATR belum membeberkan secara detail, kapan ketiga pesawat itu akan dikirim untuj TransNusa.

Sejalan dengan penambahan tiga armada ATR72-600, TransNusa juga bakal mulai menghentikan pengoperasian dua pesawat lamanya, yakni BAe 146 dan Fokker 70.