Bandara

AVIATREN.com - Selain membangun bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat juga sedang menyiapkan satu bandara lagi, yakni yang berlokasi Sukabumi. Kapan bandara Sukabumi bakal beroperasi?

Menurut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, bandara Sukabumi ditargetkan bakal selesai pada 2020 mendatang. Hal itu ia sampaikan dalam Dialog Nasional Seri-16 di Bandung, Rabu (18/7/2018), dikutip AVIATREN dari Liputan6.com.

“Kita akan bangun Bandara di Sukabumi yang Insya Allah selesai tahun 2020. Jadi Jakarta ke Sukabumi hanya 30 menit,” demikian kata Menteri Perhubungan Budi Karya.

Menurut Budi Karya, dengan pembangunan fasilitas transportasi tersebut akan menjadikan Sukabumi sebagai pusat pariwisata di Jawa Barat.

“Jawa Barat itu sangat potensial, oleh karenanya pada bulan Mei lalu kita resmikan Bandara Kertajati sebagai Bandara Internasional. Jadi kalau mau pergi ibadah haji, umrah atau wisata bisa dari Bandara Kertajati. Ini memang suatu keinginan dari Pemerintah untuk memberikan fasilitas transportasi bagi masyarakat,” ungkap Budi Karya.

Pemerintah memang tengah merencanakan untuk membangun 10 bandara baru di Indonesia. Kesepuluh bandara baru itu akan dibangun di beberapa daerah, seperti Lampung, Sulawesi Tengah, Sulawesi tenggara, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Bangka Belitung, dan Sumatra Utara.

Selain opsi pembiayaan dari pemerintah, Budi juga menyebut swasta bisa turut serta dalam pendanaan. Keterlibatan swasta dibutuhkan karena pemerintah memiliki batasan pendanaan infrastruktur dalam APBN.

Selain pendanaan, pemerintah juga berdiskusi tentang kepemilikan bandara dengan pihak swasta.

“Bisa saja bandara dimiliki perusahaan swasta, sementara pemerintah akan mengawasi dan mengoperasikan bandara, itu diserahkan ke AP I dan AP II,” kata Budi.

Pengoperasian bandara milik swasta oleh pemerintah dibutuhkan karena alasan keamanan. Budi mencontohkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang dikerjakan oleh swasta.