Bandara Kertajati

AVIATREN.com - Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat direncanakan akan mulai beroperasi pada Kamis, 24 Mei. Bandara tersebut juga dipastikan dapat melayani penumpang pada saat mudik Lebaran 2018 nanti.

Menurut Direktur Utama PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Virda Dimas Ekaputra, bakal ada lima rute yang akan dilayani saat arus mudik dan arus balik lebaran 2018. Rute-rute tersebut antara lain tujuan Medan, Balikpapan, Surabaya, Bali, dan Makassar.

“Untuk mudik direncanakan mulai tanggal 5 Juni. Sudah dirapatkan dengan Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Angkutan Udara termasuk target lima rute mudik,” ujar Virda dikutip AVIATREN dari KOMPAS.com, Minggu (20/5/2018).

Sementara untuk frekuensi penerbangan akan disesuaikan dengan kebutuhan penumpang. “Penjualan tiket diupayakan sebelum tanggal 5 Juni sudah dibuka,” ucapnya.


Sebelum melayani arus mudik, PT BIJB terlebih dahulu akan melakukan soft launching pada 24 Mei 2018. “Simulasi tanggal 24 Mei dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati. Ada informasi kemarin Pak Menteri akan berangkat dari Bandara Halim mendarat di Kertajati. Karena pas lagi puasa konsepnya buka puasa di sana, syukuran, lalu pulang,” tuturnya.

Virda berharap, beroperasinya Bandara Kertajati pada mudik Lebaran nanti dapat dimaksimalkan oleh masyarakat. Apalagi, untuk tahun ini ia menargetkan dapat melayani 2,7 juta penumpang.

“Harapan saya sih ramai. Target penumpang 2,7 juta tahun pertama. Termasuk kalau ada penerbangan domestik, reguler, umrah, libur sekolah, akhir tahun,” jelasnya.