Lion Air JT892 Gorontalo (29/4/2018).

AVIATREN.com - Pesawat B737-800 Lion Air registrasi PK-LOO, dengan nomor penerbangan JT 892 dilaporkan tergelincir di Bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo, Minggu (29/4/2018). Pesawat yang menerbangi rute Makassar-Gorontalo itu mengangkut 174 penumpang.

Dikutip AVIATREN dari KOMPAS.com, cuaca di bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo saat insiden terjadi dilaporkan hujan lebat. JT892 mendarat sekitar pukul 18.35 waktu setempat (UTC+8) di runway 27, dan tergelincir. Seluruh penumpang dilaporkan selamat dan telah dievakuasi.

Laporan otoritas bandara setempat mengatakan, kondisi pesawat mengalami patah nose landing gear, dengan kedua mesin yang mengalami kerusakan.

https://www.facebook.com/will.friddo/videos/2102027636480998/

Menurut kesaksian penumpang, evakusi penumpang juga dilakukan dalam kondisi hujan lebat. “Kami berada di dalam pesawat sangat tekejut dan takut, tapi untung kami masih selamat,” kata Haris Zakaria, salah satu penumpang pesawat.

Baca juga: Pesawatnya Tergelincir di Gorontalo, Ini Pernyataan Lion Air

Sementara itu, Bonewati, Kepala Seksi Pengembangan Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, membenarkan kejadian ini. “Sebagian badan pesawat berada di shoulder dan sebagian di landas pacu, penumpang sudah dievakuasi dan semuanya selamat,” kata Bonewati.

Akibat insiden ini, penerbangan dari dan ke Gorontalo ditutup sementara. Saat ini sejumlah petugas mengupayakan menaikkan pesawat ke landas pacu.