Ruang tidur di kompartemen kargo A330 rancangan Airbus.

AVIATREN.com – Airbus telah mengumumkan bakal memasang tempat tidur opsional di ruang kargo pesawat A330. Ide tersebut akan mulai direalisasikan pada pesawat A330 mulai 2020 nanti.

Maskapai penerbangan dapat memilih modul ini dari katalog solusi tersertifikasi mulai tahun 2020 untuk pemasangan pada pesawat A330 baik secara retrofit maupun line-fit. Pilihan untuk kompartemen tempat tidur di A350 XWB juga sedang dalam tahap kajian. Inovasi ini merupakan hasil dari pengalaman Airbus dan Zodiac Aerospace dalam memproduksi dan mengintegrasikan fasilitas istirahat kru kabin di dek bawah pesawat.

Modul yang akan muat di dalam kompartemen kargo pesawat tersebut memungkinkan maskapai untuk menawarkan diferensiasi pengalaman penumpang lewat layanan tambahan. Modul ini mudah ditukar dengan wadah kargo reguler jika diperlukan. Terlebih lagi, lantai dan sistem pemuatan kargo tidak perlu diubah karena modul ini bisa dipasang langsung di atasnya.

Christophe Bernardini, Chief Executive Officer of Zodiac Aerospace Cabin Branch mengatakan: “Kita sangat senang bekerja sama dengan Airbus dalam proyek inovatif ini, yang menegaskan kemahiran kami dalam menyediakan solusi di dek bawah pesawat. Penyempurnaan pengalaman penumpang dan diferensiasi layanan adalah kunci penting dari persaingan antar maskapai.”

Geoff Pinner, Head of Airbus Cabin & Cargo mengatakan: “Pendekatan seperti ini dalam penerbangan komersial merupakan suatu langkah kemajuan dalam kenyamanan penumpang. Beberapa maskapai telah merespon mock-up pertama kami dengan sangat positif. Kami sangat senang bekerja sama dengan Zodiac Aerospace dalam proyek ini, yang akan memperkenalkan pengalaman baru bagi penumpang dan memberi nilai tambah bagi maskapai.

Â