Menhub: Ada 600 Pilot Ab-Initio di Indonesia yang Nganggur - Aviatren

Menhub: Ada 600 Pilot Ab-Initio di Indonesia yang Nganggur

January 24, 2018

Asisten Personalia Kasau, Marsda (TNI) Yadi Husyadi menyematkan wings ke salah satu lulusan Bandung Pilot Academy. (Dok. BPA)

AVIATRENcom – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, saat ini ada 600-an pilot yang baru lulus pendidikan (Ab-Initio) namun masih belum mendapat pekerjaan, alias menganggur.

Menurut Budi Karya, kondisi tersebut merupakan pekerjaan rumah untuk diselesaikan melalui kerja sama berbagai pihak, mulai dari kementeriannya, perusahaan, serta sekolah-sekolah penerbangan di Tanah Air.

“Kita tidak boleh menutupi, ada yang terjadi di sini, yaitu sekitar 600 pilot pemula tidak mendapat pekerjaan,” ujarnya seperti dikutip AVIATREN dari KOMPAS.com, Rabu (24/1/2018).

Salah satu upaya yang saat ini sedang dilakukan Kemenhub adalah memberikan workshop dan pelatihan tambahan pada para pilot ab-initio atau pemula. Tujuannya agar para pilot tersebut mendapatkan pengetahuan lebih untuk masuk ke industri penerbangan.

Dirjen Perhubungan Udara, Kemenhub, Agus Santoso menyebutkan bahwa pada November dan Desember 2017 telah dilakukan sensus untuk mengetahui total pilot pemula yang menganggur. Hasilnya ditemukan ada 556 pilot yang belum terserap oleh industri penerbangan.

Pihaknya juga telah menyelenggarakan sejumlah pelatihan. Pertama diselenggarakan pada Desember 2017, dan kedua dilaksanakan pada hari ini, Rabu (24/1/2018).

 

Facebook Comments