Mengenal JANET, Maskapai Rahasia Pemerintah AS - Aviatren

Mengenal JANET, Maskapai Rahasia Pemerintah AS

January 11, 2018

B737-600 “JANET”

AVIATREN.com – Di antara kesibukan di bandara internasional McCarran di Las Vegas, AS, terdapat satu sudut terminal yang dijaga super ketat. Tak sembarang orang bisa masuk ke terminal yang dikenal dengan nama sandi, Gold Coast Terminal itu.

Hanya ada satu maskapai yang melayani penumpang dari terminal tersebut, yakni JANET, maskapai misterius milik Angkatan Udara AS (US Air Force), yang dioperasikan oleh perusahaan kontraktor pertahanan EG&G.

JANET bak maskapai rahasia, banyak yang memplesetkan akronim JANET dengan Just Another Non-Existent Terminal. Ada pula yang menyebutnya sebagai kepanjangan dari Joint Air Network for Employee Transportation.

Namun kata “JANET” sering dipakai oleh pilot-pilot maskapai itu sebagai kode panggilan (callsign).

Dikutip AVIATREN dari Business Insider, Rabu (10/1/2018), penumpang yang dilayani JANET merupakan karyawan yang bekerja di fasilitas rahasia milik pemerintah AS, seperti lokasi uji senjata di Tonopah Test Range.

Ada juga yang menyebutnya sebagai transportasi khusus ke Area 51, pusat dari banyak teori konspirasi.

B737-200 “JANET”

Tiap pagi, parkiran di terminal Gold Coast akan dipenuhi oleh mobil-mobil. Kemudian pesawat milik JANET akan mulai terbang satu per satu.

Sore harinya, saat pesawat JANET mendarat, mobil-mobil di parkiran terminal Gold Coast pun ikut menghilang. Parkiran kembali sepi.

Tidak banyak yang tahu ke mana tujuan penerbangan JANET. Tiap kali dilacak dengan layanan seperti Flightradar24, pesawat dengan kode ICAO WWW itu mematikan transponder-nya begitu mencapai lokasi kawasan Area 51 di bagian selatan gurun Nevada.

Penerbangan maskapai JANET pada 3 Januari lalu. Tidak diketahui dari mana asalnya, hanya bandara tujuan yang tertera adalah home-base-nya di Las Vegas.
Penerbangan maskapai JANET pada 3 Januari lalu. Tidak diketahui dari mana asalnya, hanya bandara tujuan yang tertera adalah home-base-nya di Las Vegas.(Flightradar24)

Yang pasti, kontraktor pertahanan EG&G yang mengoperasikan JANET, selama ini dikenal melakukan beberapa proyek riset senjata dengan pemerintah AS. EG&G juga diketahui terlibat dalam Perang Dunia II.

Kedekatan EG&G dengan Departemen Pertahanan AS seringkali menimbulkan teori konspirasi seputar Black Projects, proyek-proyek rahasia yang dikerjakan Dephan AS.

JANET sendiri menurut basis data Planespotters.net, didirikan pada 1972. Hingga kini, JANET mengoperasikan enam pesawat Boeing 737-600 dengan umur rata-rata pesawat 15,7 tahun.

Tampilan luar pesawat juga terkesan misterius, sebab tak seperti maskapai-maskapai pada umumnya yang mencantumkan namanya di bodi pesawat, JANET tampil dengan bodi pesawat putih polos, dengan aksen garis merah dari depan hingga belakang pesawat. Di bagian ekor juga hanya tertera nomor registrasi pesawat.

Facebook Comments

Tags: