AirAsia Tutup Rute Solo - Kuala Lumpur - Aviatren

AirAsia Tutup Rute Solo – Kuala Lumpur

January 11, 2018

AirAsia

AVIATREN.com – Maskapai LCC AirAsia Indonesia menutup penerbangan rute Solo-Kuala Lumpur mulai 16 Januari 2018. Hal itu diungkapkan oleh Airport Operation and Services Department Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Purwanto.

“Mulai 16 Januari AirAsia sudah tidak terbang ke Kuala Lumpur. Saya tidak tahu alasannya. Kalau load factor sebenarnya bagus, 70 persen,” ujar Purwanto, dikutip AVIATREN dari Merdeka.com, Kamis (11/1/2018).

Sebelumnya, rute Solo-Kuala Lumpur pernah ditutup AirAsia pada 21 Juli 2016 lalu, dan beroperasi kembali pada 17 Januari 2017. Tak hanya rute Solo-Kuala Lumpur, rute Solo-Singapura juga ditutup sejak Agustus 2015 lalu. Faktor tingkat keterisian penumpang yang rendah menjadi alasan penutupan rute itu.

Purwanto menyampaikan, hingga saat ini belum ada maskapai yang mengajukan izin penerbangan ke Malaysia. Dia berharap ada maskapai lain yang akan menggantikan. Apalagi, rute tersebut sangat potensial. Selain TKI, penumpang ke Malaysia merupakan wisatawan dari kedua negara.

Dalam sepekan Air Asia melayani rute Solo-Kuala Lumpur PP tiga kali dalam smeinggu. Yakni pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. Dengan ditutupnya rute tersebut oleh AirAsia, maka kini hanya ada 2 penerbangan internasional dari bandara Adi Soemarmo, yakni Garuda Indonesia dan Lion Air yang melayani rute Solo-Jeddah (Madinah).

Facebook Comments

Tags: