Ilustrasi kabin kelas Ekonomi

AVIATREN.com – Skytrax, lembaga pemeringkatan maskapai penerbangan dunia, merilis daftar 10 maskapai dengan kelas Ekonomi terbaik sepanjang 2017 ini.

Pemeringkatan Skytrax dibuat berdasar 19,87 juta penumpang pesawat dari 105 negara. Survey ini dilakukan di lebih dari 320 maskapai di seluruh dunia, dengan 49 parameter. Beberapa parameter itu antara lain prosedut boarding, kenyamanan kursi, hingga kualitas pelayanan.

Dikutip AVIATREN dari Business Insider, Rabu (27/12/2017), maskapai-maskapai Asia mendominasi di segmen ini. Dari daftar 10 besar, sembilan di antaranya merupakan maskapai dari Asia, dengan maskapai Thai Airways sebagai urutan teratas.

Menurut Skytrax, penghargaan untuk maskapai dengan kelas Ekonomi terbaik ini merupakan cerminan penilaian kepuasan pelanggan untuk produk kelas Ekonomi dan standar layanan staf yang diberikan maskapai, baik staf awak kabin maupun staf lain di bandara.

Berikut adalah daftar 10 besar maskapai dengan kelas Ekonomi terbaik versi Skytrax.


10. Lufthansa


9. Eva Air


8. ANA All Nippon Airways


7. Emirates


6. Japan Airlines (JAL)


5. Singapore Airlines


4. Garuda Indonesia


3. Asiana


2. Qatar Airways


1. Thai Airways

Selain membuat daftar kelas Ekonomi terbaik, Skytrax juga merilis daftar maskapai dengan katering (makanan di pesawat) kelas Ekonomi terbaik. Thai Airways lagi-lagi memenangi kategori ini, diikuti oleh Turkish, Asiana, Qatar, dan japan Airlines.

Singapore Airlines, Austrian, Cathay Pacific, Lufthansa, dan EVA Air secara berurutan melengkapi daftar 10 besarnya.

Sementara penghargaan kursi kelas Ekonomi terbaik diraih oleh Japan Airlines yang diikuti oleh Asiana, Thai Airways, Korean Air, dan Singapore Airlines. Daftar 10 besarnya dilengkapi oleh Qatar Airways, EVA Air, ANA, Aero MExico, dan Garuda Indonesia.