Skytrain di bandara Soekarno Hatta.

AVIATREN.com – Kereta antar-terminal di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) resmi beroperasi pada Minggu (17/9/2017). Peresmian skytrain di bandara Soetta dilakukan oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Untuk tahap pertama, skytrain bandara Soetta belum melayani seluruh terminal, melainkan hanya rute yang menghubungkan Terminal 2 dan Terminal 3 saja.

Setelah itu, skytrain di Bandara Soetta ke depannya juga akan melayani perpindahan ke Terminal 1, integrated building, lalu tersambung lagi ke Terminal 3.

Selain itu, dalam pengoperasian tahap pertamanya, skytrain bandara juga bakal beroperasi pada waktu-waktu tertentu saja, tepatnya pada pukul 07.00-10.00 WIB, kemudian dari pukul 13.00-14.00 WIB, serta dari pukul 17.00-19.00 WIB.

Kebijakan tiga waktu operasi yang belum 24 jam itu dilakukan untuk mengevaluasi fasilitas tersebut serta mencatat jika masih ada kekurangan yang harus dilengkapi.

“Ini akan kami terapkan sampai akhir tahun, baru bisa beroperasi secara penuh,” kata Public Relation Manager PT Angkasa Pura II Yado Yarismano dikutip AVIATREN dari Kompas.com, Senin (18/9/2017).

Peresmian skytrain ini dinilai sesuai jadwal setelah Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub melakukan verifikasi dan menerbitkan sertifikat tanda lulus uji coba.