Rising 50

AVIATREN.com – Pada 7 September 2017, Angkatan Udara dua negara, Indonesia dan SIngapura akan melakukan flypast bersama (joint flypast) di atas Kepulauan Riau, Indonesia, hingga Marina Bay Sands di Singapura.

Joint flypast Angkatan Udara dari kedua negara itu dilakukan dalam rangka memperingati 50 tahun kerja sama diplomatic antara Indonesia dan Singapura.

Flypast bersama antara TNI AU dan Republic of Singapore Air Force (RSAF) itu mengusung callsign RISING 50. Jika ditelisik lebih lanjut, kata RISING merupakan kombinasi antara RI dan SING, kependekan dari Republik Indonesia dan Singapura.

Flypast RISING 50 akan berlangsung pada Kamis (7/9/2017) pukul 13.30 hingga 14.00 WIB, atau 14.30 hingga 15.00 waktu setempat Singapura di area Marina South. Kedua pimpinan negara juga akan hadir menyaksikan flypast di tengah upacara peringatan ini.

Adapun formasi yang bakal ditampilkan dalam flypast RISING 50 adalah formasi Arrowhead yang dipimpin oleh AU Singapura, dan formasi membentuk angka 50 dengan pesawat F-16, dimana pesawat-pesawat TNI AU akan membentuk angka 5, sementara pesawat RSAF membentuk angka 0.

Di belakang formasi 50 juga bakal menyusul lima pesawat F-15 RSAF yang melakukan manuver bomb burst untuk menghormati kedua negara.

Berikut video gladi resik flypast RISING 50