Dubai International Airport

AVIATREN.com – Tak hanya bandara Adisutjipto Yogyakarta saja, bandara Internasional Dubai ternyata juga menggunakan bahasa Jawa kromo inggil (halus) dalam mengumumkan informasi penerbangan. Bahasa Jawa halus itu digunakan oleh pengelola bandara Dubai untuk memudahkan penumpang yang tidak memahami bahasa Inggris atau Arab saat berada di ruang tunggu bandara.

Penggunaan bahasa Jawa halus di terminal bandara Dubai itu terekam dalam video yang diunggah di YouTube. Pengunggahnya adalah salah satu warga Indonesia yang kebetulan berada di sana saat pengumuman bahasa Jawa digunakan di terminal.

”Kaget benar, boarding announcement-nya pakai Bahasa Jawa. Saya ketawa-ketawa bareng orang Indonesia yang lain,” kata Wahyu Pratomo, seorang warga Bandung yang sedang dalam penerbangan Amsterdam-Jakarta dan transit tiga jam di Dubai, dikutip AVIATREN dari BBC, Sabtu (6/7/2017).

Nuwun sewu, bapak-bapak soho ibu-ibu, penerbangan Emirates EK tigo-gangsal-wolu dateng Jakarta sak meniko bade …,” begitu kurang lebih bunyi pengumuman penerbangan EK 358 rute Dubai-Jakarta di Bandara Dubai.

Artinya adalah, ‘permisi bapak-bapak dan ibu-ibu, penerbangan EK 358 ke Jakarta saat ini akan….’

Anda bisa mendengar video pengumuman dengan bahasa Jawa di bandara Dubai itu di video YouTube berikut ini:

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=_pAKhOY0G-E&width=800&height=400[/embedyt]

Divisional Vice President Emirates, Walter Riggans mengatakan, ”Ini supaya penumpang di Bandara Dubai yang tidak bisa berbahasa Inggris atau Arab bisa merasa nyaman.”

Baca: Pengumuman di Bandara Adisutjipto Kini Juga dengan Bahasa Jawa

“Bersama pihak bandara, kami memasukkan 26 bahasa dalam sistem untuk dipakai di setiap pintu keberangkatan, sehingga supervisor yang bertugas bisa memilih bahasa sesuai penumpang yang akan terbang,” papar Riggans.

“Ini sangat membantu mempercepat proses naik pesawat,” ungkap Riggans.