Maskapai Qatar Dilarang Terbang Lewati Arab Saudi, Bahrain, Mesir, dan UEA

Maskapai Qatar Dilarang Terbang Lewati Arab Saudi, Bahrain, Mesir, dan UEA

Qatar Airways

AVIATREN.com – Maskapai Qatar Airways dilarang terbang melewati wilayah udara atau singgah di empat negara Arab, setelah keempat negara Arab itu memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Keempat negara tersebut adalah Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir.

Keempat pemerintah negara tersebut mengatakan, mereka akan menutup jalur udara dan laut dari dan ke Qatar, efektif setelah 48 jam pengumuman ini dibuat pada Senin (5/6/2017). Dengan demikian, penerbangan menuju Qatar dari empat negara Arab tadi pun ditutup.

Maskapai Qatar Airways pun harus menghindari wilayah udara empat negara Arab tadi jika ada rute yang bersinggungan, seperti ke negara-negara Eropa atau AS.

Arab Saudi juga menutup jalur darat dengan negara tetangganya itu, demikian dikutip Aviatren dari Saudi Press Agency, Senin (5/6/2017).

Baca juga: Etihad Airways Stop Penerbangan dari dan ke Qatar

Pernyataan Arab Saudi menyebut, dukungan Qatar terhadap “kelompok teroris membuat wilayah itu tidak stabil”. Teroris yang dimaksud termasuk di antaraya adalah Muslim Brotherhood, Islamic State (ISIS) dan al-Qaeda.

Keempat negara Arab tadi juga menuduh Qatar mendukung kelompok teroris yang didukung Iran, yang beroperasi di wilayah timur Bahrain.

Arab Saudi, bersama dengan Bahrain dan UEA memberikan waktu 48 jam bagi diplomat Qatar untuk meninggalkan negara mereka.

Facebook Comments
Tags: