Bitchin' Betty di kokpit F/A-18 Hornet.
Bitchin’ Betty di kokpit F/A-18 Hornet.

AVIATREN.com – Seperti pesawat komersil, pesawat tempur juga memiliki sistem peringatan suara di dalam kokpit (Cockpit Warning System), termasuk pesawat tempur F/A-18 Super Hornet.

Suara tersebut adalah suara yang direkam dalam komputer penerbangan dan akan muncul saat pesawat dalam kondisi tertentu, memberi peringatan kepada pilot, seperti “Pull up! Pull up!” atau “Roll right! Roll Right!”.

Dalam pesawat F/A-18 Hornet, suara tersebut dijuluki dengan nama “Bitchin’ Betty” yang suara aslinya diisi oleh wanita bernama Leslie Shook, wanita yang bekerja di Boeing (pembuat F/A-18).

Pengisi suara Bitchin’ Betty itu pada Senin (7/3/2016) lalu memasuki masa pensiun setelah mengabdi selama 20 tahun di Boeing. Namun suara Shook akan terus diingat oleh pilot-pilot yang pernah terbang F/A-18.

Suaranya juga akan tetap dipakai di pesawat tempur andalan US Navy tersebut.

“Pensiun itu sangat berat,” kata Shook seperti dikutip AVIATREN dari Inverse.

“Saya telah jatuh cinta dengan pesawat-pesawat ini selama bertahun-tahun, jadi sekarang saya ingin berpamitan,” lanjutnya saat diajak Boeing ke salah satu hangar Angkatan Udara AS.

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=yx7-yvXf6f8&width=800&height=400[/embedyt]

 

Tak sengaja

Sebenarnya, CWS yang dipakai F/A-18 Hornet sebagian besar sudah ada di pendahulunya, F-15 Eagle. Namun Boeing masih membutuhkan suara tambahan.

Keterlibatan Shook sebagai pengisi suara Cockpit Warning System (CWS) F/A-18 sebenarnya tidak disengaja. Shook mulanya adalah karyawan yang diberi tugas sebagai sound engineer (fill-in sound director) dalam proyek pengisi suara CWS tersebut.

Namun dari sekian talent yang diseleksi, tidak ada suara yang cocok. Boeing mencari pemilik suara yang memiliki kesan mendesak, tajam, dan berwibawa.

Begitu pula dengan Shook. Saat ia memberi contoh seperti apa suara yang ia inginkan, manajer Shook mendengar suaranya dan berkata, “Nah itu! Kenapa tidak memakai suara kamu saja?”

Begitulah, Shook yang semula seorang fill-in sound director tiba-tiba menjadi talent pengisi suara CWS jet tempur yang kini dikenal dengan “Bitchin’ Betty”.

“Anda mendengar suara ini setiap hari, memberitahu bahwa semua baik-baik saja atau ada yang perlu dilakukan,” kata Dana Perkins, Weapons Systems Operator di Boeing Flight Operations.

“Anda akan mulai percaya kepada suara ini, kalau dia bilang berdiri tegap, ya semua bakal berdiri dengan tegap!” selorohnya.