Teriakan "Jihad!" Penumpang Paksa United Airlines Mendarat - Aviatren

Teriakan “Jihad!” Penumpang Paksa United Airlines Mendarat

March 18, 2015

Penumpang United Airlines yang berbuat onar di dalam penerbangan 1074 (CNN)

Penumpang United Airlines yang berbuat onar di dalam penerbangan 1074 (CNN)

AVIATREN.com – Pesawat United Airlines terpaksa harus berputar balik sesaat setelah take off dari bandara Dulles International Airport, Washington. Gara-garanya, salah seorang penumpang berjeis kelamin laki-laki dalam penerbangan tersebut berlari ke arah kokpit sembari menriakkan kata “Jihad.. Jihad..!”

Insiden yang terjadi pada Senin (17/3/2015) itu menurut salah satu pejabat pemerintah AS kepada situs berita CNN bisa diatasi setelah salah seorang penumpang lain di dalam pesawat meringkus pelaku.

Dikutip oleh Aviatren, belum diketahui motif dan latar belakang pria tersebut, apakah terkait dengan anggota teroris atau tidak. Kondisi mentalnya juga masih belum diketahui. Tidak ada senjata yang ditemukan dalam tubuh penumpang tersebut.

Insiden tersebut terjadi dalam penerbangan United Airlines nomor penerbangan 1074 yang terbang pada pukul 10:15 malam dari bandara Dulles International Airport menuju Denver.

Menurut juru bicara United Airlines, Luke Punzenberger, Boeing 737 milik United Airlines itu membawa 33 penumpang dan enam kru.

“Pesawat terpaksa berputar balik (return to base) karena penumpang yang belum diketahui namanya mengabaikan instruksi yang diberikan oleh awak kabin,” ujar Punzenberger.

Pilot memberitahu petugas ATC bahwa salah satu penumpangnya bersikap membahayakan penerbangan, penumpang lain telah berhasil meringkusnya. Suara rekaman percakapan pilot dengan ATC itu bisa didengar melalui situs LiveATC.net.

“Dia berlari ke arah kokpit, namun penumpang lain berhasil menahannya,” demikian suara salah satu pilot yang terekam.

“Kokpit aman, kami akan berputar balik ke airport untuk menyerahkannya kepada petugas berwenang,” kata pilot tersebut.

Video ulah salah satu penumpang United Airlines yang dianggap membahayakan penerbangan itu sempat direkam oleh penumpang lain dengan kamera smartphone yang kemudian diunggah di situs YouTube.

Pesawat diketahui mendarat kembali di bandara Dulles pada pukul 10.40 malam waktu setempat.

Petugas kepolisian bandara menahan pria tersebut dan dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan. Hingga Selasa pagi waktu setempat, pria tersebut belum ditahan atau dikenai tuntutan.

Tidak ada penumpang yang terluka dalam insiden tersebut. Penumpang kemudian diterbangkan kembali ke Denver oleh United Airlines.

Facebook Comments