Tiga "Spotter" Inggris Ditahan di Uni Emirat Arab - Aviatren

Tiga “Spotter” Inggris Ditahan di Uni Emirat Arab

March 3, 2015

Ilustrasi plane spotters (Montreal Gazzette)

Ilustrasi plane spotters (Montreal Gazzette)

AVIATREN.com – Tiga orang pehobi fotografi aviasi (sering disebut plane spotter) dilaporkan ditangkap oleh pihak kepolisian Uni Emirat Arab karena dianggap melanggar keamanan nasional.

Tiga orang tersebut adalah Conrad Clitheroe (53), dan Gary Cooper (45) yang berasal dari Stockport, Manchester, Inggris, ditahan pada 21 Februari bersama seorang warga Inggris yang tinggal di Uni Emirat Arab bernama Neil Munro.

“Kami memastikan ada tiga orang warga negara Inggris yang ditahan di Uni Emirat Arab pada 22 Februari lalu,” demikian ujar juru bicara kementerian luar negeri Inggris seperti dikutip Aviatren dari The Telegraph, Senin (2/3/2015).

Mereka ditahan setelah seorang polisi yang sedang tidak bertugas mendapati ketiganya sedang memerhatikan pesawat di bandara Fujairah.

Kegiatan planespotting memang dilarang di negara tersebut. Ketiganya pun mengetahui akan hal itu. Saat polisi memeriksa kamera, laptop dan telepon genggam, tidak ditemukan foto-foto dari tempat mereka berada, karena mereka paham di tenmpat itu dilarang memotret.

Ketiganya lalu disuruh menandatangani pernyataan tidak akan melakukan kegiatan plane spotting lagi di UEA. Namun pehobi fotografi pesawat itu tidak diberikan dokumen berbahasa Inggris dan tidak disediakan pengacara.

Pihak UEA menganggap kasus tersebut sebagai bentuk ancaman keamanan negara. Saat ini ketiganya ditransfer ke tahanan di Fujairah. Pihak Inggris sedang mengupayakan bantuan hukum untuk ketiganya.